EventHiburanInfotainmentPendidikanSiantar SimalungunSosial MasyarakatTokoh

Teater Perjalanan Raja Raya Tuan Rondahaim Saragih Melawan Penjajah

Siantar | BeritaPekerja.Com – Dalam mengenang Pahlawan Kemerdekaan di Nusantara Sanggar Budaya Rayantara melakukan Acara pementasan perjalanan Raja Raya yakni Tuan Rondahaim Saragih dalam melawan penjajah.Acara ini bertujuan untuk mengenang perjalanan hidup Tuan Rondahaim  saat melawan penjajahan Belanda saat itu.

Acara tersebut digelar di Museum Simalungun, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pematangsiantar sekitar pukul 09.00 WIB (Kamis,10/11/2016).

Dalam acara tersebut Sanggar Budaya Rayantara mempersembahkan drama sejarah perjalanan Raja Raya yakni Tuan Rondahaim Saragih dan Tarian yang dibawakan oleh kelas Rayantara seperti: Tortor Sombah, Tarian Imboumanibong, Dihar Begu yang sering dibawakan Tuan Rondahaim Saragih.

Acara pementasan tersebut dimainkan oleh kelas Sanggar Budaya Rayantara seperti:  Ormas Oi, Remaja Mesjid Gara Muda Tiga, SMK GKPS, dan SMAN 3 Pematangsiantar.

Acara pementasan teater dipimpin oleh opung Raminah Garingging cucu keturunan ketiga dari Raja Raya Tuan Rondahaim Saragih.

Di sela-sela pementasan opung Raminah mengatakan,” Ini saya yang merangkai acara pementasan sanggar seni budaya ini. Acara ini adalah perjalanan sejarah dari raja Raya Tuan Rondahaim Saragih, “ujarnya.

Penulis: Petrus F.Sitopu

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button