KesehatanNewsSiantar Simalungun

BPJS Kesehatan Cab Siantar, Launching Perluasan Pendaftaran JKN-KIS di Kab.Toba Samosir

BeritaPekerja.com |Tobasa – Berbagai terobosan terus di lakukan oleh BPJS Kesehatan Pematangsiantar dalam upaya perluasan kepesertaan JKN-KIS menuju Universal Health Coverage, diantaranya memperluas kanal pendaftaran demi mempermudah Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) atau Peserta Mandiri dalam mendaftarkan diri dan anggota keluarganya sebagai Peserta JKN-KIS. Perluasan kanal pendaftaran ini meliputi berbagai Point of Service (POS) di berbagai area public dan Care Center1 500-400. Point of Service ini meliputi berbagai area publik seperti: Bank, PT.POS, hingga Mall.

BPJS Kesehatan Cabang Pematangsiantar dalam melakukan terobosan dengan mendekatkan titik layanan pendaftaran Peserta JKN-KIS kepada masyarakat.Setelah sebelumnya melakukan hal yang sama di Kabupaten Simalungun pada (Selasa,18 April 2017). Selanjutnya melakukan hal yang sama di Kabupaten Toba Samosir melalui acara bertajuk “Kabupaten Toba Samosir menuju Universal Health Coverage”. Bupati Toba Samosir Ir.Darwin Siagian melakukan launching Perluasan Kanal Pendaftaran Peserta JKN-KIS di seluruh Kecamatan di kabupaten Toba Samosir, pada Selasa, (02 Mei 2017) di Kantor Bupati Toba Samosir.

Launching Perluasan Kanal Pendaftaran di seluruh Kecamatan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Bupati Toba Samosir Ir. Hulman Sitorus, MM, Plt Sekretaris Daerah Drs. Arifin Silaen, Kepala Dinas Kesehatan dr.Frida Sinaga, Seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), seluruh Camat dari 16 Kecamatan, seluruh Kepala Puskesmas se -Kabupaten Toba Samosir dan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pematangsiantar, Rasinta Ria Ginting,SE.Ak, M.Si,AAAK.

BPJS

Ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Pemerintah Kabupaten Toba Samosir dengan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pematangsiantar Rasinta Ria Ginting, SE.Ak, M.Si, AAAK, serta penandatanganan Komitmen oleh seluruh Camat. Pendaftaran peserta jaminan kesehatan bagi Pekerja Bukan Penerima Upah dan Bukan Pekerja (Peserta Mandiri) resmi dilakukan diseluruh Kantor Camat se-Kabupaten Toba Samosir.

Adapun tujuan dari pendaftaran Peserta JKN-KIS di Kantor Camat dengan mekanisme dropbox, menurut Rasinta Ria Ginting, selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pematangsiantar didampingi Kepala Unit Pemasaran Hendra Apriadi Lubis, SE serta Kepala KLOK Toba Samosir Dolok Erikson Siagian SKM, adalah untuk mendekatkan titik layanan pendaftaran Peserta JKN-KIS kepada masyarakat, mendorong masyarakat sehat untuk mendaftarkan diri dan anggota keluarganya ke dalam Program JKN-KIS serta Keterlibatan Pemerintah Daerah dalam mendorong masyarakatnya untuk mendaftar sebagai Peserta JKN-KIS di kala sehat.

BPJS Kesehatan menyiapkan Formulir Daftar Isian Peserta dan petugas Kecamatan menerima dan mencatat serta memeriksa berkas peserta sesuai dengan persyaratan pendaftaran yang berlaku pada BPJS Kesehatan. Pendaftaran tidak di tujukan untuk Peserta dengan rekomendasi Dinas Sosial, WNA, Calon Bayi, Pekerja Penerima Upah (PPU). Pengalihan jenis kepesertaan JKN-KIS dan penambahan anggota keluarga, masyarakat. Pendaftaran di kecamatan tidak di kenakan biaya administrasi.

Keuntungan dan kemudahan bagi calon peserta pendaftaran di Kecamatan yakni tidak menunggu proses entry data. Calon peserta akan menerima nomor virtual account (VA) 1 (satu) keluarga melalui pesan singkat (SMS) dan informasi pencetakan kartu JKN-KIS akan di kirim oleh BPJS Kesehatan ke alamat Calon Peserta. Sehingga tidak perlu datang ke Kantor BPJS Kesehatan. Iuran BPJS Kesehatan akan di lakukan secara auto debet untuk menghindari keterlambatan pembayaran iuran BPJS Kesehatan untuk setiap bulannya.

Adapun hal-hal yang perlu disiapkan peserta untuk pendaftaran adalah Fotokopi Kartu Keluarga, Fotocopi e-KTP, Nomor HP yang bisa dihubungi, fotokopi halaman pertama buku tabungan yang mencatumkan nomor rekening tabungan dan nama pemilik buku tabungan (BNI, BRI, Mandiri dan BTN), alamat pengiriman identitas peserta jika alamat pengiriman berbeda dengan alamat di e-KTP.

Bupati Toba Samosir, Ir Darwin Siagian menyambut baik upaya perluasan kanal pendaftaran ini, beliau menyampaikan bahwa Pemerintah Pusat maupun Derah menjamin masyarakat yang tidak mampu, sampai dengan saat ini 66.018 masyarakat Kabupaten Toba Samosir yang dijamin oleh Pemerintah, diantaranya 5000 dijamin melalui APBD Kabupaten Toba Samosir. Bagi masyarakat lainnya, Bupati menghimbau agar segera mendaftarkan dirinya dan keluarganya menjadi Peserta JKN-KIS sebelum tanggal 01 Januari 2019 dan memanfaatkan pendaftaran melalui Kantor Camat se-Kabupaten Toba Samosir.

Editor: Ags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button