KesehatanNewsSiantar SimalungunSosial Masyarakat

Bupati Simalungun JR.Saragih Buka Acara Gebyar Prolanis Peserta JKN-KIS

BeritaPekerja.com | Simalungun – Dalam rangka optimalisasi pelaksanaan program pengelolaan penyakit kronis (PROLANIS) serta sejalan dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2017  tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat melalui perwujudan peningkatan aktifitas fisik bagi peserta JKN-KIS, BPJS  Kesehatan Cabang Pematangsiantar menyelenggarakan kompetisi senam antar klub Prolanis melalui kegiatan “Gebyar Prolanis” yang dilaksanakan pada hari Kamis, (18 Mei 2017).

Kegiatan yang bertempat di alun-alun Pematang Raya, Kabupaten Simalungun ini, turut hadir Bupati Kabupaten Simalungun, Dr. JR. Saragih, SH.,MH, Kepala Dinas Kesehatan, dr. Jan Maurisdo Purba, M.Kes dan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pematangsiantar, Rasinta Ria Ginting,SE.Ak., M.Si., AAAK.

Kegiatan ini di ikuti oleh 30 (tigapuluh) Klub Prolanis dari FKTP di wilayah Kabupaten Simalungun. Selain pelaksanaan senam sehat dan kompetisi senam antar klub Prolanis, turut dilaksanakan program  deteksi dini kanker serviks melalui pemeriksaan papsmear dan IVA test.

Rasinta Ria Ginting menjelaskan,“Prolanis merupakan suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara integrasi yang melibatkan peserta, Fasilitas Kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi Peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.” Serta mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal dengan indikator 75% peserta terdaftar yang berkunjung ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP)-red) memiliki hasil “baik” pada pemeriksaan spesifik terhadap penyakit Diabetes Mellitus (DM) Tipe 2 dan hipertensi sesuai panduan klinis terkait sehingga dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit,”katanya.

Rasinta menambahkan,“ melalui Gebyar Prolanis, sosialisasi tentang program pengelolaan penyakit kronis untuk peserta yang terdiagnosa penyakit kronis khususnya diabetes mellitus dan hipertensi dapat terlaksana. Dengan demikian, awareness peserta JKN-KIS terkait kualitas kesehatan secara mandiri dapat meningkat, khususnya bagi peserta prolanis,” imbuhnya.

Bupati Kabupaten Simalungun Dr. JR.Saragih, SH, MM menyatakan dukungan dan apresiasinya kepada BPJS  Kesehatan Cabang Pematang siantar karena telah menyelenggarakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. “Gebyar Prolanis merupakan dukungan atas implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, khususnya peningkatan aktifitas fisik bagi peserta prolanis,”katanya

JR Saragih menambahkan,”Selain itu, dapat menjadi sarana yang baik pula untuk sharing knowledge antar klub peserta prolanis serta mempererat hubungan antar klub/peserta dengan tema “Sehatkan Gaya Hidup, Hidupkan Gaya Hidup Sehat” dan diharapkan menjadi agenda tahunan,” ungkapnya.

Kompetisi senam prolanis ditutup dengan pengumuman klub Prolanis terbaik yang dimenangkan oleh Puskesmas Bandar Huluan sebagai Terbaik I, Puskesmas Simpang Bah Jambi sebagai Terbaik II, Puskesmas Panei Tongah sebagai Terbaik III,   Puskesmas Bosar Maligas sebagai Terbaik IV, Puskesmas Saribu Dolok sebagai Terbaik V, serta Puskesmas Hatonduhan sebagai Terbaik Favorit.

 

Editor: Ags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button