KesehatanNewsPendidikanSiantar SimalungunSosial Masyarakat

Plt.Sekda Kota Siantar Ir.Reinward Simanjuntak Buka Acara Gebyar Prolanis Peserta JKN-KIS.

 BeritaPekerja.Com | Siantar – Dalam rangka optimalisasi pelaksanaan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (PROLANIS) sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat melalui perwujudan peningkatan aktifitas fisik bagi Peserta JKN-KIS, maka BPJS Kesehatan Cabang Pematangsiantar menyelenggarakan Kompetisi senam antar klub Prolanis melalui kegiatan Gebyar Prolanis yang dilaksanakan pada hari Jumat, 19 Mei 2017.
Kegiatan yang bertempat di Lapangan Brimob, Kota Pematangsiantar ini dibuka oleh Plt. Sekda Kota Pematangsiantar Ir. Reinward Simanjuntak M.Si., didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar, dr. Ronald Saragih, M.Kes dan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pematangsiantar, Rasinta Ria Ginting, SE.Ak., M.Si., AAAK.
Setelahnya dilakukan pelepasan balon sebagai seremoni pembukaan acara Gebyar Prolanis se Wilayah Kota Pematangsiantar.
 Kegiatan ini diikuti oleh 24 (dua puluh empat) Klub Prolanis dari FKTP di wilayah Kota Pematangsiantar. Selain pelaksanaan senam sehat dan kompetisi senam antar klub Prolanis, turut dilaksanakan program deteksi dini kanker serviks melalui pemeriksaan Papsmear dan IVA test, Cek Kalsium (bone scan), dan cek kadar gula darah gratis.
Rasinta Ria Ginting menjelaskan, “Prolanis merupakan suatu sistem pelayanan
kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara integrasi yang melibatkan peserta, Fasilitas Kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.
” Serta mendorong Peserta Penyandang Penyakit Kronis mencapai kualitas hidup optimal dengan indikator 75% peserta terdaftar yang berkunjung ke FKTP memiliki hasil “baik” pada pemeriksaan spesifik terhadap penyakit DM Tipe 2 dan Hipertensi sesuai panduan klinis terkait sehingga dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit,”katanya
Rasinta menambahkan,“Melalui Gebyar Prolanis, sosialisasi tentang program pengelolaan penyakit kronis untuk peserta yang terdiagnosa penyakit kronis khususnya diabetes mellitus dan hipertensi dapat terlaksana.Dengan demikian, awareness Peserta JKN- KIS terkait kualitas kesehatan secara mandiri dapat meningkat, khususnya bagi peserta Prolanis,” katanya menambahkan
Plt.Sekda Kota Pematangsiantar Ir. Reinward Simanjuntak M.Si menyatakan dukungan dan apresiasinya kepada BPJS Kesehatan Cabang Pematangsiantar karena telah menyelenggarakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. “Gebyar Prolanis merupakan dukungan atas implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, khususnya peningkatan aktifitas fisik bagi peserta prolanis,”katanya
Sekda juga menambahkan,”Selain itu, dapat menjadi sarana yang baik pula untuk sharing knowledge antar klub/peserta prolanis serta mempererat hubungan antar klub/peserta dengan tema “Sehatkan Gaya Hidup, Hidupkan Gaya Hidup Sehat” dan diharapkan menjadi agenda tahunan,” ungkapnya.
Kompetisi senam Prolanis yang sudah dilaksanakan tiga tahun sejak tahun 2015 ini,
untuk tahun 2017 di menangkan oleh Puskesmas Parsoburan sebagai Terbaik I, Klinik
Denkesyah sebagai Terbaik II, Puskesmas Kartini sebagai Terbaik III, Klinik Pratama Nusantara sebagai Terbaik IV, Klinik Restu Bunda sebagai Terbaik V, serta Puskesmas Kesatria sebagai Terbaik Favorit.
Pada saat yang bersamaan di Kabupaten Samosir juga digelar kegiatan Gebyar Prolanis di halama Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Samosir.
Editor: Dhani

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button