News

GAMKI Kota Batam Gelar Aksi Pembagian Masker Dan Sosialisasi PHBS

BERITAPEKERJA.COM |BATAM – Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Kota Batam menggelar aksi pembagian masker kain dan sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi kelompok rentan. Dengan slogan “GAMKI Kota Batam lawan Covid-19”.

Kegiatan ini merupakan wujud tanggung jawab pemuda dalam merespon situasi sulit tentang wabah covid-19. Dengan menggalang donasi dari civitas GAMKI dan simpatisan, beserta dengan pemuda gereja dan masyarakat serta merupakan bagian dari tindakan kongkrit yang dilakukan GAMKI dalam memperingati kegiatan Paskah yang baru saja diperingati oleh warga Kristen di dunia ini.

Rikson Tampubolon, ketua GAMKI Batam mengatakan kegiatan ini dirancang dalam mendorong usaha pemuda agar ikut serta dalam usaha memutus mata rantai penyebaran covid-19. Demikian keterangan rilisnya yang diterima media BeritaPekerja.Com

“Virus ini adalah musuh bersama, yang terlalu besar ketika kita hanya menyerahkan tanggung jawab kepada pemerintah semata. Setiap elemen masyarakat harus mau bahu-membahu, menggelorakan kembali semangat gotong royong untuk memutus mata rantai penyebaran virus serta membantu pemerintah dalam menjamin ketahanan sosial kita bersama,” ujarnya

GAMKI Kota Batam membagi paket masker kain, sabun mandi, vitamin dan juga brosur sosialisasi PHBS. Ini merupakan bentuk dukungan kita kepada pemerintah dan sesama, agar senantiasa menggunakan masker ketika memang harus beraktivitas diluar.

Diketahui bersama, bahwa masker medis sekarang ini menjadi barang yang langka dan mahal. Untungnya penggunaan masker kain dianggap dapat meminimalisir penyebaran covid-19 seperti yang sudah disampaikan oleh pemerintah.

“GAMKI mau membantu mengambil peran. Tentunya kita juga, tidak bosan-bosannya menyampaikan bahwa masing-masing dari kita agar tetap menjaga jarak (physical distancing), cuci tangan dengan sabun, pakai masker. Tetap menjaga kesehatan dan kebersihan agar terhindar dari berbagai penyakit. Dan yang terpenting agar tetap di rumah saja dan menerapkan disiplin diri saling mengingatkan guna memutus penyebaran virus ini,” pungkas Rikson

Elfrida Marbun, selaku kordinator aksi menyampaikan bahwa aksi tersebut dilakukan beberapa tahap pembagian. Untuk gelombang pertama  diprioritaskan kepada pengemudi ojol (ojek online), loper koran, pengamen dan yang masih harus tetap berjuang mencari nafkah dijalanan.

“Sebelumnya, pembagian sudah dilakukan pada hari Senin, (10/04) yang lalu. Selanjutnya gelombang kedua akan dilaksanakan hari Kamis (16/04) dan menyasar ke rumah-rumah liar (ruli), karena kita pikir masyarakat pada kelompok ini minim perhatian dari pemerintah. Dan gelombang-gelombang berikutnya akan disesuaikan dengan jumlah donasi yang terus berdatangan,” kata Elfrida

Pada kesempatan ini GAMKI mengucapkan terima kasih kepada para donatur-donatur yang telah memberikan donasinya. Dan sebagai bentuk menjaga kepercayaan para donatur kita akan mempersiapkan laporan akhir dari aksi ini di halaman media sosial GAMKI Kota Batam sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas organisasi. (Rel)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button