NewsPendidikan

Mahasiswa Gotong Royong Cegah Pandemi Hingga Ciptakan Ketahanan Pangan Keluarga

BeritaPekerja.Com |Palangka Raya –  Ratusan mahasiswa Universitas Kristen Palangka Raya bergotong royong cegah meluasnya Covid-19 hingga menciptakan ketahanan pangan keluarga melalui perkebunan mini dengan sistem hidroponik.

Hal itu dilaksanakan untuk melatih menerapkan tri dharma perguruan tinggi kepada mahasiswa dimana isinya yaitu pendidikan dan pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam keterangan tertulis yang diterima BeritaPekerja.Com, Jumat, (14/08), Program tersebut salah satunya dikemas dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sekitar kampus unkrip, kelurahan Sabaru, Kecamatan Sebangau, Kota Palangka Raya, Kalteng.

“Mahasiswa diterjunkan langsung kepada masyarakat dan instansi kelurahan untuk mencegah pandemi, menciptakan ketahanan pangan keluarga, dan bakti sosial kepada masyarakat dalam KKN saat ini.” Ungkap Miming Virganinda Burako, Ketua Panitia KKN unkrip 2020

ditengah masyarakat yang lesu akibat wabah ini, diharapkan kehadiran mahasiswa dapat menjadi angin segar dengan karya nyata mahasiswa.

Seperti ketahanan pangan melalui kebun hidroponik warga, dengan adanya pengetahuan baru perkebunan hidroponik yang tidak menelan ruang dan modal besar diharapkan mendukung ekonomi dan pangan warga Sabaru.

“Melalui hidroponik ini kami berpikir sederhananya bergerak melalui skala kecil dulu dari rumah warga untuk mendongkrak ekonomi warga dan ketahanan pangan keluarga,” tutur Miming.

Sementara itu Benius selaku Rektor unkrip mengapresiasi gerakan mahasiswa turun kepada masyarakat dimana warga dapat merasakan ilmu dari para mahasiswa, dengan begitu mahasiswa memiliki selain memiliki intelektual juga karakter value yang berpihak kepada kesejahtaraan masyarakat.

“Sangat bagus dimana para mahasiswa turun ke masyarakat menyosialisasikan Covid-19 dan membagikan masker, disinfektan serta hand sanitizer. Selain itu juga membangun ekonomi mikro ketahanan pangan keluarga melalui perkebunan hidroponik,” pungkasnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button