Siantar SimalungunWisata & Budaya

Penetapan Pengurus BP. Geopark Kaldera Toba Dituding Tak Sesuai Mekanisme, Masyarakat Desak Gubsu Lakukan Perubahan

BeritaPekerja. com I SUMUT – Penetapan Pengurus Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba sesuai yang tertuang dalam isi Surat Keputusan Nomor : 188.44/630/KPTS/2020 Tanggal 14 Desember 2020 yang lalu menuai protes dari masyarakat lantaran diduga tidak sesuai mekanisme dan terkesan terburu-buru

Kalangan masyarakat menilai, Penetapan Pengurus Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba (BPGKT) juga terkesan dipaksakan dan hasil dari ketetapan itu sangat mengecewakan sehingga menimbulkan persoalan baru dikalangan masyarakat seperti yang disampaikan mantan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Utara Richard Sidabutar melalui sambungan selulernya kepada jurnalis Indonesiasatu.co.id, Minggu (31/01/2021 )

Mantan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara itu lebih lanjut mengatakan, terkait mekanisme pemilihan dan penetapan pengurus, sepatutnya dilaksanakan secara terbuka dan transparan. Ia mempertanyakan, seperti apa prosedur dan bagaimana proses pelaksanaan pemilihan pengurus serta ditetapkan oleh pemerintah Provinsi Sumatera Utara.”Kesannya, terburu-buru dan dipaksakan diduga dilakukan mereka sangat tertutup dan sarat kepentingan pihak tertentu, ” ujar Richard.

Selanjutnya, timbul pertanyaan dan Richard mengemukakan, bagaimana mekanisme dan proses pemilihan serta penetapan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, khususnya terhadap beberapa pengurus baru yang dianggap masyarakat tidak berkompeten. Padahal potensi pengurus yang selama ini telah berkontribusi dan sejak awal telah berbuat, memberikan manfaat dalam proses itu malah tersingkir.

“Seperti apa prosesnya dan atas dasar apa, pihak pemerintah Provinsi Sumatera Utara melakukan penetapan para pengurus Badan Pengelola Kaldera Toba yang tidak mendapatkan simpati masyarakat di Taman Bumi itu. Aneh, yang sejak awal telah berkontribusi terhadap geopark tidak dirangkul padahal mereka memiliki kemampuan untuk mengembangkan kawasan wisata ini, ” sebutnya.

Ia mewakili seluruh masyarakat sepenuhnya menaruh harapan agar Surat Keputusan Gubernur Sumatera Utara itu dievaluasi dan direvisi, denga acuanya berdasarkan keinginan masyarakat yaitu dengan mengganti sebagian pengurus yang baru saja ditetapkan, sebabnya kalangan masyarakat tidak menerima keberadaan mereka sebagai pengurus pengurus Badan Pengelola Kaldera Toba

“Ini aspirasi dan ditegaskan, seharusnya sebelum memilih dan menetapkan pengurus baru itu dilakukan pengecekan track record serta menseleksi masing-masing pengurus agar masyarakat luas dapat menerima keputusan itu, demi mewujudkan Danau Toba menjadi Destinasi Internasional bqerbasis Geopark, “ujar Richard Sidabutar
Sementara, salah seorang pelaku wisata M Sitio, warga kota wisata Parapat meyampaikan, salah satu faktor suksesnya Geopark Kaldera Toba apabila pengurusnya dapat melakukan sosialisasi dan juga semua kalangan masyarakat dapat menerima seorang Pengurus Badan Pengelola Kaldera Toba.
“Pengurus Geopark Kaldera Toba harus bisa masuk ke semua kalangan dan mampu memberi manfaat serta berjiwa sosial dan bermasyarakat. Pengurus yang terpilih itu, ternyata belum apa-apa dan baru saja ditetapkan sudah banyak menuai kritikan, terus bagaimana program itu mau berjalan, ” jelas Sitio.
Selanjutnya, Sitio mengungkapkan, bahwa ada beberapa orang pengurus baru dianggap tidak layak dan kurang diterima masyarakat, tentunya semua masyarakat telah mengetahui itu, ” beber Marga Sitio itu

“Saya juga kaget, tiba-tiba Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara (Kadisbudpar) Ria Telaumbanua secara daring mengumumkan perubahan struktur pengurus BPGKT yang baru, ” sebutnya melalui seluler, Minggu (31/01/2021)

Dalam hal ini, dirinya selaku Manager Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba (BPGKT) seketika sangat terkejut saat itu, mengingat pengurus baru yang dipilih dan ditetapkan, tidak melalui proses sesuai aturan dan peraturan semestinya. “Untuk saat ini, saya sudah undurkan diri dari struktur kepengurusan,”katanya.

@WH Butarbutar.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button