Siantar Simalungun

Kalapas E P Prayer Manik Kukuhkan Satops Patnal Lapas Narkotika Kelas IIA Pematang Siantar

BeritaPekerja. com I  SIANTAR – Apel Pengukuhan Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Satops Patnal) dilaksanakan oleh Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas II A Pematang Siantar dalam rangka menindaklanjuti dan sebagai bentuk implementasi atas Surat Edaran Dirjen PAS.

Pelaksanaan kegiatan ini diikuti seluruh pejabat eselon dan staf yang berlangsung di lapangan, Kompleks Lapas Narkotika Kelas II A Pematang Siantar, jalan Pemasyarakatan, Kelurahan Raya, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Kamis (18/02/2021) sekira pukul 09.00 WIB.

Dalam penyampaian amanatnya, Kalapas Narkotika Kelas II A Pematang Siantar E P Prayer Manik menerangkan, maksud dan tujuan pelaksanaan pengukuhan Satops Patnal di setiap Lembaga Pemasyarakatan merupakan tindak lanjut atas penyampaian Dirjen PAS melalui Surat Edarannya.

“Pengukuhan petugas merupakan implementasi dari Surat Edaran Dirjen PAS bertujuan untuk melaksanakan pencegahan, penindakan gangguan keamanan dan ketertiban serta perbaikan seluruh aspek, ” ucap E P Prayer Manik.

Selanjutnya, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Pematang Siantar menegaskan, sebagai respon atas gangguan keamanan dan ketertiban yang kerap terjadi di lingkungan Lapas atau Rutan maka saat ini telah terbentuk Satopspatnal, sebuah rangkaian upaya masif yang dilaksanakan jajaran Pemasyarakatan secara nasional.

“Kita, jajaran pemasyarakatan berupaya dan berkesinambungan maksimal menjadi lebih baik dan ini merupakan bukti, dimulai dari perubahan menyeluruh di internal lembaga ini, tujuan utama menepis stigma negatif yang berkembang di kalangan masyarakat maka Satopspatnal adalah wujudkan kerja nyata, ” ungkap Prayer Manik.

Selain itu, E P Prayer Manik menerangkan, setelah seluruh personil Satops Patnal resmi dikukuhkan dapat melaksanakan tupoksi yang diamanahkan dan petugas saling bersinergi, bersama dalam hal peningkatan kinerja secara menyeluruh, khususnya terkait deteksi gangguan dini terhadap prilaku warga binaan.

“Harapan dan himbauan kepada seluruh personil khususnya petugas yang saat ini akan dikukuhkan senantiasa melaksanakan tugas pokok seperti deteksi gangguan keamanan dan ketertiban, berantas narkoba dan berkolaborasi dengan stakeholder, ” kata Kalapas Narkotika Kelas II A Pematang Siantar mengakhiri amanat singkatnya.

Selanjutnya, Kalapas E P Prayer Manil dalam acara pengukuhan personil Satops Patnal Pemasyarakatan yang ditandai dengan penyebutan nama petugas dan melakukan penyematan atribut serta diakhiri dengan penyerahan surat keputusan kepada Kepala Satuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan.

Dalam kegiatan itu, petugas yang dikukuhkan oleh Kalapas diantaranya, Kepala Satuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Sinarta Tarigan, Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Ketertiban (Kasi Adm dan Kantib) Natal Josefa.

Selain itu, juga dikukuhkan Kepala Seksi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik (Kasi Binadik) Rusli, Kepala Sub Seksi Bimbingan Kemasyarakatan (Kasubsi Bimkeswat) Kela Jaya, Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Ibnu Taqwin.

Penulis; WH.Butarbutar

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button