NewsSiantar SimalungunSosial Masyarakat

LP3KD Pematangsiantar Sukseskan Acara PESPARANI 2021 Yang Kedua

Dihadiri Wakil Wali Kota Terpilih dr. Susanti Dewayani, Sp.A

BeritaPekerja.Com | Siantar – Suksesi pada gelaran acara puncak PESPARANI 2021 ke-2 yang diinisiasi oleh Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik (LP3KD) Pematangsiantar telah menghasilkan kegembiraan hidup menggereja sesama umat Katolik, Minggu, (10/10/2021) di Aula Paroki St. Yosep Jalan Bali. Sebelum pelaksanaan acara puncak, seluruh panitia dan perwakilan peserta diawali acara Misa.

Pesparani 2021 bertema
“Datanglah kemari dan ikutlah Aku, membangun persaudaraan sejati di tengah pandemi”.

Peserta diikuti dari 10 Gereja Katolik mewakili 4 Paroki yang meliputi Gereja Induk St. Josep, Stasi St. Maria SKI, Stasi St. Stefanus Simp.2, Stasi St. Mikael Bah Kapul, Stasi St. Paulus Martoba, Paroki St. Fransiskus Assisi, Stasi St. Petrus dan Paulus, Rayon St. Clara, Rayon St. Maria Lourdes, Paroki St. Laurentius.

Jenis kegiatan yang dilaksanakan meliputi bertutur kitab suci, mazmur, koor, vocal group dan kuis kitab suci selama 2 hari (Jumat-Sabtu, 8-9 Oktober 2021) di Aula SMP Cinta Rakyat 2 dan Aula Paroki St. Yosep Jalan Bali.

Program kerja LP3KD tahun 2021 ini bukan hanya meyelenggarakan jenis perlombaan, melainkan sebelumnya sudah melaksanakan pembinaan hidup Gerejani di 4 Paroki secara bertahap pada bulan Agustus sampai dengan September 2021 yang meliputi sosialisasi TPE (Tata Perayaan Ekaristi), Pembinaan guru-guru anak sekolah minggu, kepemimpinan para pengurus lingkungan dan Pembinaan OMK (Orang Muda Katolik).

Simesono Hia selaku ketua panitia Pesparani Katolik 2021 pada sambutannya mengatakan, “Terima kasih untuk semua kebersamaan pada seluruh panitia, dan semua pihak yang turut mendukung baik Paroki maupun Pemerintah Kota Pematamgsiantar,” ucapnya.

Simesoni Hia menambahkan, Pembinaan peningkatan keimanan dan ibadah agama serta menggali dalam mengembangkan seni budaya lokal merupakan peningkatan kecintaan pada kitab suci.

Ir. Daud Simanjuntak, ketua LP3KD Pematangsiantar, yang juga merupakan anggota DPRD Pematangsiantar dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta dan panitia hingga Pesparani dapat berjalan dengan sukses.

“Pesparani ini sungguh menguatkan keimanan kita dalam hidup menggereja. Semoga untuk tahun berikutnya dan Covid-19 sudah berakhir, acaranya akan lebih meriah lagi, kemudian lokasi tempatnya akan diselenggarakan di lapangan H Adam Malik,” ujar Daud yang juga politisi Partai Golkar mewakili umat Katolik Paroki St. Fransiskus Assisi Jalan Medan.

Turut hadir pada Pesparani 2021 Wakil Wali Kota terpilih, dr. Susanti Dewayani, Sp.A. Pada kesempatan tersebut, Daud menitipkan pesan terhadap aspirasi masyarakat tentang pembangunan Stadion Sangnaualuh, GOR, dan soal lahan di Tanjung Pinggir yang hingga kini belum tuntas.

“Kami berharap semua aspirasi dari masyarakat, kedepannya dapat dituntaskan oleh Ibu dr. Susanti saat memimpin kota Siantar,” pesan Daud

Kemudian, Wakil Wali Kota terpilih, dr. Susanti Dewayani, Sp.A turut menyampaikan kata sambutan. Dirinya juga mengapresiasi pada gelaran Pesparani 2021.

” Dalam sebuah nyanyian, ada masing-masing perbedaan nada suara, namun menjadi indah dalam harmonisasi. Kita harus bersatu dalam perbedaan,” ucap Susanti.

“Kebersamaan menjadi inti utama dalam kegiatan ini, bukan hanya sekedar mencari juara,” pungkasnya.

Mewakili Kantor Kemenag Kota Pematangsiantar dalam hal ini diwakilkan oleh Penyelenggara Bimas Katolik yang juga umat dari Paroki Jalan Sibolga, Alismer Sinaga menyampaikan bahwa kedepan Kemenag akan berpartisipasi langsung dalam kegiatan serupa termasuk pendanaan.

Vikaris St Paulus Rasul Pematangsiantar RP Fridolinus Simanjorang, OFMCap dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Pemko Pematangsiantar yang sudah mendukung kegiatan Pesparani untuk yang kedua kalinya. Harapannya, Pesparani Katolik tetap dapat dilaksanakan setiap tahun dan lebih meriah lagi jika Pandemi berakhir.

“Kita berharap Pandemi segera berakhir, sehingga tahun depan Pesparani lebih meriah dan digelar di Lapangan H Adam Malik Pematangsiantar, tentunya atas dukungan Pemko Pematangsiantar,” kata RP Frido.

Lanjut Frido, “Umat Katolik Pematangsiantar patut berbangga karena sudah berhasil melaksanakan Pesparani yang kedua, dan kali ini dihadiri undangan yang merupakan Wakil Wali Kota terpilih dr. Susanti Dewayani. Kedepan, kami berharap Ibu Wakil Wali Kota tetap mendukung acara Pesparani Katolik,” ucap mantan Pastor Paroki St. Petrus dan Paulus ini.

Pada kesempatan yang sama, Frido dan umat Katolik Pematangsiantar menyampaikan agar drm Susanti Dewayani segera dilantik menjadi Wakil Wali Kota Pematangsiantar untuk mewujudkan visi dan misi pada saat kampanye bersama Almarhum Asner Silalahi.

“Kita berharap upaya pembinaan umat dan masyarakat dapat terlaksana atas sinergi Pemerintah dan Gereja. Ke depan Siantar lebih baik dan tetap menjadi Kota yang menjunjung tinggi kebhinekaan,” tutup Frido.

Mengahiri semua kata sambutan, panitia mengumumkan dari seluruh hasil perlombaan. Yang berhasil Juara Umum diraih dari Rayon St. Maria Lourdes Marihat dari Paroki St. Laurentius. (Ags/Bp.Com).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button