Siantar Simalungun

Tanaman Muda Kelapa Sawit PTPN IV Dolok Sinumbah Diduga Tidak Terawat.

Tanaman Muda Kelapa Sawit PTPN IV Dolok Sinumbah Diduga Tidak Terawat.

BeritaPekerja I Simalungun –
Masih ada juga tanaman muda kelapa sawit, milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN ) sepertinya kurang mendapat perawatan dan pengelolaan yang baik.Hal ini sangat disayangkan kondisi tanaman muda yang baru menghasilkan buah pasir itu daunnya rusak dan kondisi lokasi di penuhi semak.

Seperti tanaman muda kelapa sawit lokasinya di afd I PTPN IV Kebun Dolok Sinumbah,Kecamatan Hutabayu Raja Kabupaten Simalungun terkesan tidak mendapat perawatan dengan baik. Pantauan kru media ini dilapangan Selasa ( 09/11/2021 ) sekira jam 11.00 wib terlihat daun tanaman kepala sawit tersebut rusak, karna beberapa tangkai daun sudah tinggal lidinya dan tidak diketahui apa penyebabnya, sedangkan rumput diseputaran pohon kelapa sawit tersebut tumbuh subur tanpa dibersihkan. Jika saja dilakukan pemupukan maka sia-sia lah pupuk tersebut karna rumput yang mengisapnya, hal ini akan mengakibatkan terhambatnya perkembangan pertumbuhan tanaman itu.
Selanjutnya kru media ini menyambangi kantor afd I PTPN IV Kebun Dolok Sinumbah guna konfirmasi terkait hal tersebut dan bertemu dengan Asisten yang saat itu didampingi seseorang yang katanya seorang tamu.
Ketika ditanyakan terkait daun tanaman yang rusak dan lokasi seputaran tanaman ditumbuhi semak dan terkesan tidak terawat, Asisten afd I itu mengatakan bahwa rusaknya daun tanaman kelapa sawit itu akibat di makan lembu,

selanjutnya saat ditanya mengapa lembu bisa bebas di areal tanaman muda, dikatakan Asisten tersebut’ bahwa kunci pintu masuk itu dirusak pak ‘Kemudian ditanyakan ‘ Apa tidak ada pengamanan Pak ‘ untuk menjaga tanaman itu,dikatakan Asisten tersebut bahwa pengamanan untuk tanaman ulang tidak ada pak jelasnya.
Disamping itu orang yang mengaku sebagai tamu tadi mengatakan dengan enaknya’ bantu LSM dam wartawan lah bagaimana cara untuk mengatasi lembu itu agar tidak merusak tanaman kelapa sawit ‘ cetusnya dengan enteng.

Kemudian kru media ini menyambangi kantor Manajer PTPN IV Kebon Dolok Sinumbah. Namun belum berhasil bertemu dengan manajer dan petugas pengamanan dengan berdalih sedang keluar. (TB)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button