NewsSiantar SimalungunSosial Masyarakat

Gelar May Day 2022 Siantar Berjalan Dengan Sukses

Serikat Pekerja Pematangsiantar Bersatu Rayakan May Day 2020

BeritaPekerja.Com | Siantar – Serikat Pekerja (SP) di Kota Pematangsiantar laksanakan Peringatan Hari Buruh (May Day) 2022 yang tergabung dengan K-SPSI, K-SBSI dan SBSI Solidaritas dengan bentuk Panitia Bersama, Senin, 16 Mei 2022 di Halaman Gedung Olah Raga (GOR) jalan Merdeka Pematangsiantar, Sumatera Utara.

May Day yang lazimnya diperingati pada tanggal 1 Mei ini tidak mengurangi makna dan semangat para kaum buruh di Kota Pematangsiantar dalam menyampaikan pernyataan sikap dan harapan kesejahteraan buruh kedepannya dihadapan para tamu undangan, baik dari para pengusaha yang hadir maupun Wali Kota dan Rombongan Forkopimda.

Mengawali acara panitia menyambut kedatangan Wali Kota Pematangsiantar beserta rombongan Forkopimda dengan pemberian atau penyematan ulos (Hio Pamotting) dan tarian dihar serta tortor somba adat Simalungun.

Peringatan Hari Buruh di Pematangsiantar mengusung tema ” Ketupat May Day” dan sub tema ” Menjalin silaturahmi menuju perwujudan hubungan industrial peace”. Kegiatan ini dihadiri sejumlah 700 orang khusus kaum buruh ditambah tamu undangan Wali Kota Pematangsiantar beserta rombongan Forkopimda serta para pengusaha yang di Kota Pematangsiantar.

Ketua panita, Agus BM Butarbutar, SE dalam laporan dan kata sambutannya mengatakan,” May Day 2022 ini merupakan kebersamaan para kaum buruh menuju persatuan yang memiliki harapan yang terbaik menuju kesejahteraan buruh,” ujarnya.

“Panitia mengapresiasi kehadiran Wali Kota Pematangsiantar beserta rombongan Forkopimda, dan secara khusus dapat dukungan dari Kadis Ketenagakerjaan pematangsiantar yang dipimpin oleh Bapak Lukas Barus” tambah Agus.

Panitia juga memberikan kesempatan kepada masing-masing pengurus Serikat Pekerja menyampaikan dan mengucapkan pernyataan sikap diatas pentas yang terdiri dari DPC K-SPSI, DPC K-KSBSI dan SBSI Solidaritas.

Bunyi varian pernyataan sikap tersebut menyuarakan secara tegas tentang nasib buruh saat ini, hak-hak normatif buruh, sinergitas antara pengusaha dan pemerintah terhadap kaum buruh khususnya di Kota Pematangsiantar.

Wali Kota Pematangsiantar, dr. Hj. Susanti Dewani, S.Pa, sebelum menyampaikan kata sambutannya dirinya menyapa kehadiran tamu undangan dan para kaum buruh, “Hidup buruh, buruh bersatu, Siantar bangkit dan Maju,” ucapnya

Dalam sambutannyay mengatakan,”Saya pribadi atas nama Pemerintah Kota Pematangsiantar, saya mengucapkan selamat hari buruh sedunia kepada seluruh pekerja yang ada di Kota Pematangsiantar yang saya cintai,” ucapnya lagi.

Pada kesempatan yang sama, Susanti menyampaikan kepada instansi yang membidangi ketenagakerjaan maupun dunia usaha untuk bersama-sama bekerjasama bersinergi dan berkolaborasi secara pro aktif serta menyeluruh dalam rangka meningkatkan kemampuan tenaga kerja semakin handal dan berkualitas serta menguasai pengetahuan secara teknologi yang terus berkembang baik dengan memberikan motivasi, pelatihan, pengembangan serta kompetensi dan Promosi.

“Semoga peringatan hari buruh sedunia tahun 2022 ini, mampu mewujudkan jalinan kinerja yang baik antara pemerintah, pengusaha, dan para pekerja sehingga para pekerja akan merasa dilindungi hak nya. Dan diharapkan akan meningkatkan produktifitas kinerja yang nantinya akan meningkatkan produktifitas kinerja yang nantinya akan meningkatkan hasil produktifitas dan akan dirasakan manfaaatnya oleh masyarakat,” pungkas Susanti.

Usai Wali Kota menyapaikan sambutan serta bimbingan dan arahanya dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng dan kue ulang tahun bersama ketua panitia, para ketua SP beserta rombongan Forkopimda.

Turut hadir dan memberikan kata sambutan disampaikan oleh mewakili Fokopomda, baik Kapolres, BPJS Ketenagakerjaan, Direktur Rumah Sakit Horas Insani mewakili pengusaha.

Kegiatan moment peringatan Hari Buruh 2022 Pematangsiantar ini menghadirkan pihak Gugus Tugas untuk melakukan vaksinasi terhadap para kaum buruh.

Acara dilanjutkan dengan makan bersama, hiburan yang dimeriahkan tarian yang dibawakan sanggar SMA Negeri 6 Pematangsiantar, dan acara bebas hiburan lainnya.

 

Penulis : Adi Sihombing

Editor : Agus

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button