Uncategorized

Dimanakah Plt Kadis Pendidikan Kota Pematangsiantar?

Siantar | BeritaPekerja.com – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan kota Pematangsiantar, Resman Panjaitan sudah dua hari tak masuk kerja. Hal tersebut bermula dari pernyataan seorang bermarga Manulang yang merupakan Ajudan dari Kadis Pendidikan tersebut saat dimintai keterangan oleh Wartawan pada Kamis (02/03/2017) sekitar pukul 10.00 WIB.

Berawal ketika Wartawan hendak melakukan wawancara kepada Plt Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan kota Pematangsiantar, dan menanyakan kepada beberapa Staff di kantor tentang keberadaan Kadis, tidak seorangpun Staff yang mengetahui keberadaannya dan malah menyarankan untuk mencoba menanyakan kepada Ajudan yang bermarga Manulang.

Saat bertemu dengan Ajudan tersebut, kemudian Ia menjelaskan bahwa Kadis sedang tidak berada di tempat dan tidak tahu dimana keberadaanya. “Aku gak tahu bang dimana Kadis saat ini, tapi biasanya sih kalau jam segini sudah datangnya itu Pak Kadis,” ungkap Ajudan tersebut.

Selanjutnya, saat dimintai nomor kontak Kadis, Ajudan tersebut enggan untuk memberikannya dengan alasan kurang etis jika memberikan nomor kontak Kadis kepada wartawan.

“Bukan gak mau aku bang ngasih nomornya, tapi maklumlah abang, aku cuma menjaga ajanya bang. Nanti marah pulak si Bos itu samaku,” pungkasnya.

Wartawan pun coba menanyakan, Siapakah selain Kadis yang bisa memberikan pernyataan pada saat wartawan hendak melakukan konfirmasi?

“Sekretaris bisanya bang, tapi Sekretaris pun lagi gak ada pulak di ruangannya, lagi melayat kayaknya bang, karena ada Staff kita yang meninggal dunia”, ungkapnya.

Kemudian ajudan tersebut menyarankan kepada wartawan untuk menunggu saja, karena sebentar lagi pasti Kadis pasti datang.

“Tunggu ajalah bang, bentar lagi datangnya itu pak Kadis, biar lebih enak nanti abang ngomong langsung,” ujarnya sembari mempersilahkan wartawan untuk menunggu.

Setelah kurang lebih satu setengah jam menunggu sampai pukul 11.30 WIB dan tidak ada tanda-tanda kehadiran Kadis, wartawan pun kemudian kembali menemui Ajudannya untuk mempertanyakan keberadaan Kadis, namun sang Ajudan kembali menyarankan agar wartawan untuk datang lagi nanti dan ketika Kadis datang akan segera dikabarkan.

“Gini ajalah itu bang, nantilah abang datang lagi, ku sms pun nanti sama abang kalau Kadis sudah datang,” katanya.

Akhirnya wartawan pun pergi meninggalkan kantor Dinas Pendidikan kota Pematangsiantar sesuai dengan saran dari Ajudan tersebut, akan tetapi beberapa jam kemudian tak juga ada kabar dari Ajudan terkait kedatangan Kadis.

Lalu wartawan pun mencoba mengirimkan pesan singkat kepada Ajudan bermarga Manulang tersebut untuk menanyakan, Apakah Kadis sudah datang atau belum?

Ajudan pun lalu membalas pesan yang berisikan bahwa ternyata Kadis pun belum juga datang dan dipastikan tidak akan masuk kantor pada hari itu.

—————————————-

Keesokkan harinya pada Jumat (03/03/2017) sekitar pukul 10.00 WIB wartawan kembali datang ke kantor Dinas Pendidikan untuk coba mengetahui, Apakah sang kadis sudah berada di kantor? dan dapat bertemu langsung untuk melakukan wawancara.

Tapi ternyata Resman Panjaitan selaku Kadis Pendidikan kota Pematangsiantar tampaknya juga belum datang, dan hal tersebut sesuai dengan pernyataan Ajudan bermarga Manulang yang mengatakan kepada wartawan saat ditanyai terkait keberadaan Kadis, Apakah Kadis sudah masuk kantor atau belum?

Namun jawaban yang diberikan oleh Ajudan tersebut masih sama seperti yang semalam, dan menyatakan bahwa Kadis juga belum masuk kantor.

Selanjutnya wartawan pun coba menanyakan kembali, Apakah Sekretaris ada di ruangannya atau tidak?, namun Ajudan pun mengatakan bahwa Sekretaris juga sedang tidak berada di ruangan.

“Sekretaris tadi lagi keluar bang, tapi nanti bentar lagi masuknya itu bang, nanti kalau udah datang ku telpon pun abang,” ujarnya.

Akhirnya wartawan pun memutuskan untuk meninggalkan kantor Dinas Pendidikan untuk melakukan peliputan ke tempat lain.

Beberapa jam kemudian telepon pun berdering, mendapat panggilan dari Ajudan Kadis, yang mengatakan bahwa Sekretaris sudah datang dan menyarankan agar wartawan datang ke Kantor Dinas Pendidikan.

Setibanya di kantor Dinas Pendidikan, dan bertemu dengan Sekretaris Dinas Pendidikan Pematangsiantar yang bernama Jonsen Girsang, wartawan selanjutnya meminta waktu untuk mengajukan beberapa pertanyaan dan mengklarifikasi beberapa hal yang ingin ditanyakan kepada Sekretaris tersebut.

Namun dari wawancara yang dilakukan, tampaknya Sekretaris juga tidak memahami dan enggan memberikan jawaban, lalu menyatakan bahwa yang berwenang menyampaikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh wartawan  adalah kewenangan dari Kadis Pendidikan.

Mendengar pernyataan yang dilontarkan oleh Sekretaris, selanjutnya wartawan pun mencoba menanyakan perihal keberadaan Kadis Pendidikan. Namun Sekretaris tidak mengetahui dimana Kadis dan juga memberikan jawaban yang hampir sama dengan Ajudan namun sedikit berbeda.

“Manalah ku tahu dimana Kadis saat ini, tapi kayaknya lagi Dinas ke luar Kota Dia. Kadis kan gak mungkin terus duduk di Kantor, kadang entah di kantor Walikota nya dia, manalah saya tahu dia dimana, soalnya gak ada dia ngasih kabar samaku” kata Jonsen.

Resman Panjaitan, (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kota Pematangsiantar

Mendengar penyataan dari Sekreatris tersebut, dapat disimpulkan bahwa Resman Panjaitan selaku Kadis Pendidikan sudah dua hari tidak masuk kantor.

Dan hal ini sungguhlah sangat disayangkan mengingat bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) harus saling bersinergi dalam melaksanakan Tugas Pokok dan Fungsi (Topuksi) sebagai pelayan masyarakat dan juga dalam memberikan informasi yang valid sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Tentunya hal ini juga akan menjadi pertanyaan bagi masyarakat, dimana setiap bulannya ASN menerima gaji yang dibayarkan oleh Pemerintah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) agar dapat bekerja secara maksimal dalam melayani masyarakat.

Namun pada kenyataanya masih jauh dari kata maksimal seperti halnya Resman Panjaitan selaku Kadis Pendidikan Pematangsiantar yang sudah dua hari tidak masuk kantor sesuai dengan keterangan yang disampaikan oleh Ajudan dan juga Sekretaris Dinas Pendidikan.

Penulis : Tim

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button